Welcome To RAAMM APP

Jumat, 30 November 2012

Contoh karya tulis ilmiah tema lingkungan



Reboisasi Menghambat Terjadinya Bencana Alam
Monica Ayu S.

I.          Pendahuluan
A.    Latar Belakang Masalah
Belakangan ini banyak di beritakan bahwa di daerah yang resapan airnya kurang terjadi bencana banjir. Sebut saja ibu kota kita, jakarta. Selain itu banyak di kota-kota lain yang menjadi langganan banjir pada saat musim hujan datang. Tidak hanya banjir,tanah longsor juga banyak terjadi di daerah pegunungan yang rata-rata hutanya gundul. Hal tersebut disebabkan oleh penebangan liar yang tidak diimbangi dengan reboisasi. Kejadian tersebut sudah tentu meresahkan masyarakat.

Atas dasar faktor-faktor di atas, sangat diperlukan kesadaran masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Dari hal terkecil misalnya membung sampah pada tempatnya, itupun sudah berdampak positif terhadap lingkungan. Apalagi kita mau melakukan reboisasi pasti bencana banjir dan tanah longsor akan semakin minim terjadi. Sejauh ini yang kita lihat disekitar kita, sudah banyak yang melakukan penanaman pohon, seperti di sekolah-sekolah atau pun di tempat lain. Usaha melestarikan lingkungan dari pengaruh dampak pembangunan adalah salah satu usaha yang perlu dijalankan. Pengolahan lingkungan yang baik dapat mencegah kerusakan lingkungan akibat suatu pembangunan proyek. Pengolahan yang baik menjaga ekosistem dengan mencegah berlangsungnya pembangunan, sebab pembangunan itu perlu untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Jadi, yang penting disini adalah membangun dengan berdasarkan wawasan lingkungan bukan membangun yang berdasarkan wawasan ekonomi semata saja. Sesuai dengan dampak yang di duga akan terjadi, maka di tetapkan cara pengelolahan yang akan dilakukan agar tepat guna. Teknologi yang akan digunakan, ditentukan berdasarkan prinsif efektif, efisien dan biaya murahan agar dapat ditanggung dari hasil proyek tanpa harus menderita kerugian.

B.     Batasan Masalah
Bentuk dari latar belakang masalah di atas, dalam artikel ini masalah yang akan dibahas dibatasi sebagai berikut :
1.      Akibat yang timbul jika reboisasi tidak dilakukan
2.      Manfaat melaksanakan reboisasi.
3.      Sebab-Sebab Kenapa Harus Melakukan Reboisasi
4.      Cara-Cara Melakukan Reboisasi

C.    Tujuan Penulisan
Berpijak pada batasan masalah,artikel ini disusun dengan tujuan :
1. Menginformasikan kepada pembaca tentang dampak yang timbul jika reboisasi tidak dilakaukan.
            2. Menginformasikan tentang pentingnya pelaksanaan reboisasi.


II.  Isi/Pembahasan
A.  Akibat yang ditimbulkan jika reboisasi tidak diadakan
1.      Rusaknya lingkungan hidup
Dengan semakin meningkatnya ilmu pengetauan dan teknologi (iptek) dan  pesatnya berbagai pembangunan di perkotaan telah banyak mengakibatkan kualitas lingkungan hidup di kota-kota besar cenderung mengalami penurunan drastis.Hal ini disebabkan dari berbagai faktor,diantaranya jumlah penduduk yang semakin meningkat,semakin banyak lahan yang diatasnya berdiri bangunan-bangunan megah, kurangnya resapan air yang mengakibatkan debit air sungai meningkat,kurangnya pepohonan yang tumbuh di kota-kota besar.jika faktor-faktor diatas terus terjadi,tidak ada usaha untuk mencegah,akan mengakibatkan hal yang sangat fatal yaitu kerusakan lingkungan hidup ini semakin parah.

2.      Merusak ekosistem yang ada di hutan
Jika reboisasi tidak dilakukan maka ekosistem di hutan akan punah.selain itu juga dapat memicu keluarnya hewan-hewan di hutan ke pemukiman penduduk sekitar.hal tersebut jelas meresahkan penduduk sekitar.

B.     Manfaat melaksanakan reboisasi
1.      Mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor
Selain reboisasi, banjir dan tanah longsor dapat dicegah dengan hal kecil.seperti tidak membuang sampah sembarangan, melakukan tebang pilih,menenami lahan kosong,bila perlu membuat hutan kota. Hutan kota merupakan pendekatan dan penerapan salah satu atau beberapa fungsi hutan dalam kelompok vegetasi di perkotaan untuk mencapai tujuan proteksi, rekresi,estetika,dan kegunaan fungsi lainya bagi kepentingan masyarakat perkotaan.jika hal tersebut dilakukan akan berdampak sangat besar dalam menghambat terjadinya banjir dan tanah longsor.
2.      Menjaga kelestarian hutan
Reboisasi mempunyai banyak dampak positif. Dengan diadakanya reboisasi pasti jarang terjadi bencana alam. Dengan adanya pelaksanaan reboisasi diharapkan bisa menjadi salah satu alternatif dalam memelihara dalam memelihara kelestarian hidup di daerah tertentu. Selain itu kelestarian hutan akan tetap terjaga. Dalam kehidupan ini kelestarian hutan sangatlah  penting. Jika hutan mengalami kerusakan akan barakibat buruk bagi kelangsungan hidup di dunia.

C.     Sebab-sebab kenapa harus melakukan reboisasi
1. Melestarikan sumber daya alam
Unsur tata lingkungan biofisik yang nyata dan berpotensi untuk memenuhi kebutuhan manusia demi     mempertahankan kelangsungan hidupnya.  Maka tindakan eksploitasi harus harus disertai dengan       norma-norma pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam.
2. Pencemaran Lingkungan
Pencemaran lingkungan hidup harus menjadi perhatian yang serius di erra saat ini, meningkatnya kegiatan industri seperti pertambangan telah banyak mengganggu ekosistem hidup. Maka dari itu kita harus melakukan reboisasi (go green).

3.    Untuk meningkatkan sumber daya alam
Sumber daya  alam memang sangat dibutuhkan, dan pasti mempunyai tujuan knpa sumber daya alam harus ditingkatkan. Seperti ungkapan Wina Sanjaya (2010:21) di bawah ini :
“Tujuan dari pengelolahan lingkungan disini terutama mencegah kemunduran populasi sumber daya alam yang dikelola dan sumber daya alam lainnya yang ada disekitarnya dan mencegah pencemaran limbah /polutan yang membahayakanSelain itu agar meningkatkan kwalitas sumber daya alam dalam hal pemakaianya. Maka dari itu mulai sekarang mari kita jaga lingkungan hidup ini dengan cara tingkatkan penanaman pohon (GO GREEN)”


4. Untuk melestarikan hutan dan mencegah adanya banjir
Hutan adalah sahabat kita dan kecintaan terhadap sahabat kita yang satu ini perlu untuk kita hidupkan kembali dan kita benahi lebih serius karena sebenarnya kita adalah orang yang berhutang kepada hutan karena tanpa pamrih hutan-hutan kita telah memberikan  oksigen, menjaga sumber air, menunjang kebutuhan kertas kita dan mencegah terjadinya bencana alam. Banjir yang terjadi sebagian besar disebabkan karena curah hujan yang cukup tinggi. Namun demikian, ulah manusia yang membuang sampah di sungai, menebang pohon sehingga hutan menjadi gundul juga memjadi penyebab terjadinya banjir. 
Sampah yang di buang ke sungai, lama-kelamaan akan menumpuk dan apabila hujan datang air sungai akan meluap karena alirannya terhambat oleh tumpukan sampah yang sangat banyak dan mengakibatkan banjir. Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir di antaranya adalah sebagai berikut.
1. Membuang sampah pada tempatnya.
2. Membersihkan, selokan atau parit dekat rumah dari sampah sehingga aliran air menjadi lancar.
3. Melakukan penghijauan di lahan-lahan kosong sebagai daerah resapan air.
4. Melakukan penghijauan di hutan-hutan yang gundul (reboisasi).


D.    Cara-cara melakukan reboisasi
Pengolahan sumber daya alam mencakup beberapa upaya yang dilakukan secara terpadu dan bertahap. Upaya ini disebut sebagai upaya terpadu karena dalam pengelolahan terhadap beberapa kegiatan yang dilakukan bersama-sama yaitu melakukan reboisasi. Berikut cara-cara melakukan reboisasi :
1. Pemanfaatan lingkungan
2. Pengendalian lingkungan
3. Pengawasan lingkungan
4. Kegiatan pemuluhan
5. Dan kegiatan pengembangan lingkungan

Setelah semua itu dilakukan, baru kita melakukan reboisasi atau yang biasa kita sebut dengan penanaman pohon (GO GREEN)
III. Penutup
A.    Simpulan
1.      Reboisasi dapat mempertahankan kelangsungan hidup makluk di muka bumi.
2.      Pelaksanaan reboisasi dapat menambah kesadaran masyarakat terhadap alam.
B.     Saran
1.      Sebaiknya reboisasi reboisasi tidak hanya dilakukan satu kali saja.
2.      Tidak hanya kesadaran masyarakat saja yang dibutuhkan,namun tenaga mereka juga dibutuhkan dalam hal melakukan reboisasi.

                 













Daftar pustaka

Amirudin ,Achmad. 2010. Sebab-Sebab Kenapa Harus Melakukan Reboisasi          http://achmad amirudin21.blogspot.com/2012/10/reboisasi.html
  Sastromiharjo,Andoyo. 2011. Bahasa Dan Sastra Indonesia. Bogor : Yudhistira.




















Tema : Lingkungan hidup
Topik : Meningkatkan sumber daya alam dan mencegah bencana alam yang timbul dengan  reboisasi.
Judul : Reboisasi menghambat terjadinya bencana alam

I.          Pendahuluan
A.    Latar belakang masalah
1.         Idealnya sebagai makluk hidupharus peduli terhadap lingkungan.
2.         Kenyataanya reboisasi banyak membawa perubahan bagi lingkungan.
B.     Batasan masalah
1.         Akibat yang ditimbulkan jika reboisasi tidak diadakan
2.         Manfaat melaksanakan reboisasi
3.         Sebab-sebab kenapa harus melakukan reboisasi
4.         Cara-cara melakukan reboisasi
C.    Tujuan penulisan
1.         Menginformasikan kepada pembaca tentang dampak yang timbul jika reboisasi tidak dilakukan.
2.          Menginformasikan tentang pentingnya pelaksanaan reboisasi.
II.                Isi/pembahasan
A.    Akibat yang ditimbulkan jika reboisasi tidak dilakukan
1.         Rusaknya lingkungan hidup
2.         Merusak ekosistem yang ada di alam
B.     Manfaat melaksanakan reboisasi
1.      Mencegah terjadinya banjir xdan tanah longsor
2.      Menjaga kelestarian hutan
C.    Sebab-sebab kenapa harus melakukan reboisasi
1.       Melestarikan sumber daya alam
2.      Pencemaran lingkungan
3.      Untuk meningkatkan sumber daya alam
4.      Untuk melestarikan hutan dan mencegah adanya banjir
D.    Cara melakukan reboisasi
1. Pemanfaatan lingkungan
2. Pengendalian lingkungan
3. Pengawasan lingkungan
4. Kegiatan pemuluhan
5. Dan kegiatan pengembangan lingkungan

III. Penutup
C.     Simpulan
3.      Reboisasi dapat mempertahankan kelangsungan hidup makluk di muka bumi.
4.      Pelaksanaan reboisasi dapat menambah kesadaran masyarakat terhadap alam.
D.    Saran
3.      Sebaiknya reboisasi reboisasi tidak hanya dilakukan satu kali saja.
4.      Tidak hanya kesadaran masyarakat saja yang dibutuhkan,namun tenaga mereka juga dibutuhkan dalam hal melakukan reboisasi.



Daftar pustaka

Amirudin ,Achmad. 2010. Sebab-Sebab Kenapa Harus Melakukan Reboisasi          http://achmad amirudin21.blogspot.com/2012/10/reboisasi.html
  Sastromiharjo,Andoyo. 2011. Bahasa Dan Sastra Indonesia. Bogor : Yudhistira.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar