Peran guru dalam proses belajar mengajar
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Peran guru sangatlah dibutuhkan untuk mendukung terciptanya suasana
belajar mengajar yang menyenangkan aktif dan memungkinkan anak
berprestasi secara maksimal. Sedangkan tingkat partisiasi yang dimaksud
adalah keterlibatan siswa dalam menyikapi,memahami,mencerna materi yang
disajikan dalam proses belajar. Bagaimanpun baiknya sarana pendidikan
apabila guru tidak melaksanakan tugasnya dengan baik maka hasil
pembelajaran tidak akan memberikan hasil yang memuaskan
Menurut Masjumi (2008:74) peranan dan tugas guru seharusnya dipilih dan
ditetapkan sebelum pelaksanaan proses belajar mengajar. Oleh karena itu
guru harus memahami betul peranannya dalam proses belajar mengajar yang
bersifat majemuk, artinya peran guru tidak hanya satu tetapi lebih dari
satu
Guru sebagai pemimpin akan tampak nyata dalam proses belajar mengajar.
Agar perilaku guru ini berpengaruh baik terhadap proses belajar
siswa-siswanya maka guru dituntut untuk memahamidan mengayati gaya-gaya
atau teori-teori dasar kepemimpinan karena dengan hal demikian melalui
cara, metode, gaya dalam memimpin tipe kepribadiannya akan nampak .
harsono (1988:35) mengatakan bahwa : Ada bermacam-macam gaya
kepemimpinan yaitu gaya otoriter, demokratis, gaya yang
menekankanpemenuhan kebutuhan pribadi.
Keberadaan guru didepan sebagai pemimpin bukan saja penting secara ideal tetapi juga secara fisik amat menentukan
B. Permaslahan
1. Apakah perannan guru dalam proses pembelajaran siswa?
2. Bagaiman guru berperan dalam proses pembelajaran siswa?
3. Mengapa guru dikatakan sebagai ujung tombak prosespembelajaran?
C. Tujuan penulisan
1. Untuk mengetahui peranan guru dalamprses pembelajaran siswa
2. Untuk mengetahui bagaimana guru memegang peranan proses pembelajaran siswa
3. Untuk mengetahui fungsi guru sebagai ujung tombak proses pembelajaran siswa
D. Manfaat Penulisan
1. Sebagai sumbangan informasi yang dijadikan pegangan bagi guru dalam upaya meningkatkan prestasi belajar
2. Sebagai bahan perbandingan untuk dijadikan permasalahan seminar, diskusi guna meningkatkan pembelajaran
3. Sebagai bahan masukan dalam pelaksanaan pengajara disekolah
BAB II
PEMBAHASAN
A. Guru dan belajar – Mengajar
Guru dewasa ini berkembang sesuai dengan fungsinya, membina untuk
mencapai tujuan pendidikan. Lebih-lebih dalam sistem sekolah sekarang
ini, masalah pengetahuan, kecakapan, dan keterampilan tenaga pengajar
perlu mendapat perhatian yang serius. Bagaimanapun baiknya kurikulum,
administrasi, dan fasilitas perlengkapan, kalau tidak diimbangi dengan
peningkatan kualitas guru-gurunya tidak akan membawa hasil yang
diharapkan. Oleh karena itu, peningkatan mutu tenaga-tenaga pengajar
untuk membina tenaga-tenaga guru yang profesional adalah unsur yang
penting bagi pembaruan dunia pendidikan.
1. Guru sebagai pengajar
Salah satu tugas yang harus dilaksanakan oleh guru di sekolah adalah
memberikan pelayanan kepada para siswa agar mereka menjadi siswa atau
anak didik yang selaras dengan tujuan sekolah. Melalui bidang
pendidikan, guru mempengaruhi aspek kehidupan, baik sosial, budaya
maupun ekonomi. Dalam keseluruhan proses pendidikan, guru merupakan
faktor utama yang bertugas sebagai pendidik. Guru memegang berbagai
jenis peranan yang mau tidak mau harus dilaksanakannya sebagai guru.
Yang dimaksud sebagai peran adalah pola tingkah laku tertentu yang
merupakan ciri khas semua petugas dari pekerjaan atau jabatan tertentu.
Guru harus bertanggungjawab atas hasil kegiatan belajar anak melalui
interaksi belajar mengajar. Guru merupakan faktor yang mempengaruhi
berhasil tidaknya proses belajar mengajar, dan karenanya guru harus
menguasai prinsip-prinsip belajar disamping menguasai materi yang akan
diajarkan. Dengan kata lain : guru harus mampu menciptakan situasi
kondisi belajar yang sebaik-baiknya.
2. Guru sebagai pembimbing
Bimbingan adalah proses pemberian bantuan terhadap individu untuk
mencapai pemahaman dan pengarahan diri yang dibutuhkan untuk melakukan
penyesuaian diri secara maksimum terhadap sekolah, keluarga serta
masyarakat.
Dalam keseluruhan proses pendidikan guru merupakan faktor utama. Dalam
tugasnya sebagai pendidik, guru memegang berbagai jenis peran yang mau
tidak mau harus dilaksanakan sebaik-baiknya. Setiap jabatan atau tugas
tertentu akan menuntut pola tingkah laku tertentu pula. Sehubungan
dengan peranannya sebagai pembimbing, seorang guru harus :
1. Mengumpulkan data tentang siswa
2. Mengamati tingkah laku siswa dalam situasi sehari-hari
3. Mengenal para siswa yang memerlukan bantuan khusus
4. Mengadakan pertemuan atau hubungan dengan orangtua siswa baik
5. Secara individu maupun secara kelompok untuk memperoleh saling pengertian tentang pendidikan anak
6. Bekerja sama dengan masyarakat dan lembaga lainnya untuk membantu memecahkan masalah siswa
7. Membuat catatan pribadi siswa serta menyiapkannya dengan baik
8. Menyelenggarakan bimbingan kelompok atau individu
9. Bekerja sama dengan petugas bimbingan lainnya untuk membantu memecahkan masalah siswa
10. Menyusun program bimbingan sekolah bersama-sama dengan petugas bimbingan lainnya
11. Meneliti kemajuan siswa baik di sekolah maupun di luar sekolah.
Berdasarkan uraian di atas maka jelaslah bahwa peran guru baik sebagai
pengajar maupun sebagai pembimbing pada hakekatnya saling berkaitan satu
dengan yang lainnya. Dengan kata lain, kedua peran tersebut harus
dilaksanakan secara berkesinambungan dan sekaligus merupakan
keterpaduan.
B. Karaker guru berpengaruh terhadap masa depan siswa
Kehadiran orangtua – ayah dan ibu- sangat besar artinya bagi anak.
Melalui kehadiran dan interaksi dengan orangtua anak dapat mengenal
indahnya dunia dan memahami suka- duka kehidupan ini. Melalui orangtua
maka anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan bahasanya. Untuk
selanjutnya melalui orangtua pula seorang anak dapat mengenal sosial
atau mengenal orang lain.
Seiring dengan bertambahnya usia anak dan makin luasnya eksplorasi
mereka, akhirnya (dalam usia kanak- kanak) setiap anak mengenal dunia
sekolah dan sekaligus menjadsi anggota atau kelompok sosial di sekolah.
Di sini mereka mengenal sosok figur atau orang lain yang bisa mereka
kagumi, takuti, segani yang mereka panggil sebagai guru yang punya peran
sebagai orang tua mereka di sekolah.
Saat anak belum mengenal dunia sekolah, maka egosentris adalah ciri khas
adalah karakter mereka. Apa saja yang ada di seputar jangkauan indera
mereka diklaim sebagai miliknya atau dalam konsep kekuasaanya. Namun
saat mereka sudah bersentuhan dengan dunia sekolah- seperti taman kanak-
kanak- maka karaktere egosentris secara perlahan berkurang dan
menghilang. Mereka akhirnya memahami dan mengenal realita sosial, harus
bisa menerima posisi kalah atau menang, bertentangan atau berdamai.
Guru lah orang tua bagi anak di sekolah, setelah keberadaan orang tua
yang di rumah, yang sangat berpengaruh bagi pertumbuhan dan perkembangan
jiwa dan kepribadian anak. Sangat beruntung bahwa semua guru taman
kanak- kanak mendapat respon yang simpatik dari anak- anak akibat
positif dari karakter atau prilaku guru yang ramah tamah dan sangat
simpatik atau bersahabat. Karakter yang mereka miliki telah mampu untuk
merebut hati anak makhluk- makhluk kecil itu- (anak didik mereka).
Sehingga di rumah mereka selalu memuji dan menyanjung kelebihan ibu guru
mereka.
Memasuki usia Sekolah Dasar mereka harus berhadapan dengan berbagai
macam karakter manusia- guru guru , teman dan senior senior mereka- yang
lebih bervariasi. Ada yang baik, lembut, penyayang dan yang lebih
menyeramkan adalah kalau ada karakter yang galak dan pemarah. Maka tidak
heran kalau anak- anak kecil itu mengawali hidup mereka di Sekolah
Dasar dengan penuh kecemasan dan ketegangan. Dan mereka masih beruntung
bila guru-guru di SD (Sekolah Dasar) kelas satu masih memperlihatkan
karakter yang simpatik dan ramah tamah menyerupai karakter guru- guru
mereka saat masih di Taman Kanak- Kanak. Namun mimpi buruk akan terjadi
bagi anak- anak kecil tersebut apabila mereka harus belajar dan
berintegrasi dengan guru- guru kelas satu atau kelas dua SD yang kurang
bisa bersimpati dan berempati dan juga kurang ramah di mata anak didik.
Maka di sini mulai terjadi kejutan mental yang pertama bagi mereka dalam
bentuk ekspressi; menangis, menarik diri, ketakutan dan sampai
mengalami ngompol dalam kelas.
Bila kasus ini terjadi pada suatu kelas atau suatu SD , maka adalah
sangat ideal bila bapak dan ibu guru segera mengintrospeksi diri agar
mereka tidak tampil menakutkan di mata manusia berusial kecil tersebut.
Beruntung bahwa Tuhan menganugerahi manusia kemampuan untuk beradaptasi
(menyesuaikan diri) dan berakomodasi (mengubah lingkungan) dengan social
dan lingkungan fisik. Maka dengan kekuatan dan kemampuan untuk
beradaptasi dan berakomodasi anak didik mampu untuk bertahan hidup dan
berintegrasi dalam kehidupan sosial di sekolah.
Guru adalah manusia biasa dan sebagai manusia biasa dalam melaksanakan
peran sebagai pendidik dan sebagai pemimpin bagi anak didikdalam
pelaksanaan PBM (Proses Belajar Mengajar) mereka memiliki gaya
tersendiri. Secara umum ada tiga tipe kategori dari gaya mereka yaitu;
gaya demokrasi, gaya otoriter, gaya laizzes faire dan gaya pseudo
demokrasi.
Keberadaan guru dengan gaya atau karakter otoriter- memperlihatkan
kekuasaan mutlak atas anak didik- selama pelaksanaan PBM dapat
mendatangkan mimpi buruk bagi setiap anak didik. Senyum manis dan kata-
kata yang lembut merupakan barang yang langka yang diperoleh dari guru
berkarakter otoriter. Guru killer adalah istilah lain yang diberikan
oleh anak didik untuk guru berkarakter otoriter tersebut.
Sekali lagi bahwa belajar dengan guru yang berkarakter otoriter adalah
suatu mimpi buruk bagi anak didik. Suasana kelas tentu saja akan menjadi
tenang dan teratur. Gerak laju jarum jam dinding terasa begitu lambat
dan lama. Atmosfir ruangan kelas menjadi lebih kaku dan menegangkan dan
menakutkan. Guru berkarakter killer atau berkarakter otoriter akan
berpotensi untuk melahirkan anak didik yang suka membisu dan penakut.
Adalah suatu keputusan yang bijaksana bagi pribadi yang memiliki
karakter otoriter untuk tidak menjadi pendidik dimanapun berada, apalagi
mengajar untuk Sekolah Dasar, karena keberadaan mereka cendrung
merugikan dan merusak pertumbuhan jiwa anak didik.
Pseudo demokrasi adalah berarti “demokrasi yang palsu”. Karakter guru
dengan pseudo demokrasi agaknya juga tidak memperoleh simpati di mata
anak didik. Soalnya guru dengan karakter begini cendrung memonopoli
kekuasaan. Keputusan yang ia buat disosialisasikan kepada anak didik
namun keputusan akhir tetap menjadi monopoli mutlaknya.
Guru dengan karakter laissez faire- masa bodoh- cendrung menurunkan
kualitas budaya sekolah. Suasana kelas akan menjadi amburadul, apalagi
bila populasi kelas cukup besar. Peranan guru yang berkarakter lassez
faire bisa agak bagus apa bila ia mengelola kelas yang berpopulasi
kecil. Agaknya guru dengan karakter demikian perlu bersikap lebih tegas
dan punya prinsip atas nilai kebenaran. Menambah kualitas ilmu dan
wawasan dan kemudian bersikap lebih tegas akan mampu mengatasi problema
karakter laizzes faire.
Guru yang berkarakter demokrasi adalah guru yang memiliki hati nurani
yang tajam. Guru dengan karakter beginilah yang mampu menghadirkan
hatinya dalam emosi anak didik selama pembelajaran. Guru berkarakter
demokrasi dan memiliki wawasan yang tinggi tentu akan mampu memenangkan
hati anak didik atau memoltivasi mereka dalam pembelajaran. Guru yang
mampu menghadirkan hatinya pada hati anak didik disebut sebagai guru
yabg baik dan mereka akan dikenang oleh anak didik sepanjang hayatnya.
Yang lebih banyak dikenang adalah guru yang baik.
Setiap anak didik telah banyak mengenal banyak guru dalam hidupnya, ada
guru yang pintar dan ada guru yang baik. Sekali lagi bahwa guru yang
berkesan bagi mereka adalah guru yang menghadirkan hati atau emosinya
saat melaksanakan PBM. Guru yang cerdas atau pintar namun memiliki
pribadi yang kaku, mungkin juga kasar, kurang bisa bersimpati, pasti
tidak banyak memberi pengaruh kepada anak didik.
Guru yang mampu memberi pengaruh untuk masa depan anak didik lewat kata-
kata atau bahasanya adalah guru yang memiliki pribadi yang hangat dan
juga cerdas. Untuk itu adalah sangat ideal bila setiap guru mampu
meningkatkan kualitas pribadinya menjadi guru yang cerdas, yaitu cerdas
intelektual, cerdas emosi dan juga cerdas spiritualnya. Maka guru- guru
yang beginilah yang patut diberi hadiah dengan lagu “guru pahlawan tanpa
tanda jasa”.
Kata kata yang diucapkan oleh guru kepada siswa atau anak didik dalam
pergaulan mereka di sekolah sangat menentukan masa depan mereka. Kata
kata yang diucapkan oleh guru pada anak didik ibarat panah yang lepas
dari busur. Kata yang keluar dari mulut guru akan menancap pada hati
anak didik. Bila kata- kata tadi melukai hati mereka, maka goresannya
akan membekas sampai tua. Sering kata kata yang tidak simpatik dari
seorang guru telah menghancurkan semangat hidup mereka. Sebaliknya kata
kata yang mampu memberi dorongan semangat juga sangat berarti dalam
menumbuh dan mengembangkan semangat hidup- semangat belajar dan bekerja
mereka. Maka untuk itu guru perlu menjalin hubungan dengan anak didik
lewat kata- kata yang berkualitas.
C. Guru yang profesional
Pada era otonomi pendidikan, pemerintah daerah memiliki kewenangan yang
amat besar bagi penentuan kualitas guru yang diperlukan di daerahnya
masing-masing. .Oleh karena itu di masa yang akan datang, daerah
benar-benar harus memiliki pola rekrutmen dan pola pembinaan karier guru
agar tercipta profesionalisme pendidikan di daerah. Dengan pola
rekrutmen dan pembinaan karier guru yang baik, akan tercipta guru yang
profesional dan efektif. Untuk kepentingan sekolah, memiliki guru yang
profesional dan efektif merupakan kunci keberhasilan bagi proses
belajar-mengajar di sekolah itu. Bahkan, John Goodlad, seorang tokoh
pendidikan Amerika Serikat, pernah melakukan penelitian yang hasilnya
menunjukkan bahwa peran guru amat signifikan bagi setiap keberhasilan
proses pembelajaran. Penelitian itu kemudian dipublikasikan dengan
titel: Behind the Classroom Doors, yang di dalamnya dijelaskan bahwa
ketika para guru telah memasuki ruang kelas dan menutup pintu-pintu
kelas itu, maka kualitas pembelajaran akan lebih banyak ditentukan oleh
guru. Hal ini sangat masuk akal, karena ketika proses pembelajaran
berlangsung, guru dapat melakukan apa saja di kelas. Ia dapat tampil
sebagai sosok yang menarik sehingga mampu menebarkan virus nAch (needs
for achievement) atau motivasi berprestasi, jika kita meminjam
terminologi dari teorinya McCleland. Di dalam kelas itu seorang guru
juga dapat tampil sebagai sosok yang mampu membuat siswa berpikir
divergent dengan memberikan berbagai pertanyaan yang jawabnya tidak
sekedar terkait dengan fakta, ya-tidak. Seorang guru di kelas dapat
merumuskan pertanyaan kepada siswa yang memerlukan jawaban secara
kreatif, imajinatif – hipotetik, dan sintetik (thought provoking
questions).
Sebaliknya, dengan otoritasnya di kelas yang begitu besar itu, bagi
seorang guru juga tidak menutup kemungkinan untuk tampil sebagai sosok
yang membosankan, instruktif, dan tidak mampu menjadi idola bagi siswa
di kelas.
Bahkan dia juga bisa berkembang ke arah proses pembelajaran yang secara
tidak sadar mematikan kreativitas, menumpulkan daya nalar, mengabaikan
aspek afektif, dan dengan demikian dapat dimasukkan ke dalam kategori
banking concept of education-nya Paulo Friere, atau learning to have-nya
Eric From. Pendek kata, untuk melindungi kepentingan siswa, dan juga
untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM) di daerah dalam jangka
panjang di masa depan, guru memang harus profesional dan efektif di
kelasnya masing-masing ketika ia harus melakukan proses
belajar-mengajar.
Dalam konteks otonomi pendidikan, hasil penelitian John Goodlad tersebut
memiliki implikasi bahwa pemerintah daerah perlu menciptakan sebuah
sistem rekrutmen dan pembinaan karier guru agar para guru benar-benar
memiliki profesionalisme dan efektivitas yang tinggi supaya ketika ia
memasuki ruang kelas mampu menegakkan standar kualitas yang ideal bagi
proses pembelajaran. Suatu pekerjaan dikatakan profesional jika
pekerjaan itu memiliki kriteria tertentu. Jika kita mengikuti pendapat
Houle, ciri-ciri suatu pekerjaan yang profesional meliputi: (1) harus
memiliki landasan pengetahuan yang kuat; (2) harus berdasarkan atas
kompetensi individual (bukan atas dasar KKN-pen.); (3) memiliki sistem
seleksi dan sertifikasi; (4) ada kerjasama dan kompetisi yang sehat
antar sejawat; (5) adanya kesadaran profesional yang tinggi; (6)
memiliki prinsip-prinsip etik (kode etik); (7) memiliki sistem sanksi
profesi; (8) adanya militansi individual; dan (9) memiliki organisasi
profesi. Dari ciri-ciri ini Kantor Dinas Pendidikan di daerah dapat
menterjemahkan ke dalam sistem rekrutmen dan pembinaan karier guru agar
profesi-onalisme guru dapat selalu ditingkatkan di daerahnya
masing-masing. Tanpa berbuat seperti itu kualitas guru akan selalu
ketinggalan dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan
kata lain, agar guru tetap profesional perlu ada sistem pembinaan karier
yang baik, tersistem, dan berkelanjutan.
Guru yang profesional perlu melakukan pembelajaran di kelas secara
efektif. Kemudian, bagaimana ciri-ciri guru yang efektif ? Menurut Gary
A. Davis dan Margaret A. Thomas, paling tidak ada empat kelompok besar
ciri-ciri guru yang efektif. Keempat kelompok itu terdiri dari:
Pertama, memiliki kemampuan yang terkait dengan iklim belajar di kelas,
yang kemudian dapat dirinci lagi menjadi (1) memiliki keterampilan
interperso-nal, khususnya kemampuan untuk menunjukkan empati,
penghargaan kepada siswa, dan ketulusan; (2) memiliki hubungan baik
dengan siswa; (3) mampu menerima, mengakui, dan memperhatikan siswa
secara tulus; (4) menunjukkan minat dan antusias yang tinggi dalam
mengajar; (5) mampu menciptakan atmosfir untuk tumbuhnya kerja sama dan
kohesivitas dalam dan antar kelompok siswa; (6) mampu melibatkan siswa
dalam meng-organisasikan dan merencanakan kegiatan pembelajaran; (7)
mampu mendengarkan siswa dan menghargai hak siswa untuk berbicara dalam
setiap diskusi; (8) mampu meminimal-kan friksi-friksi di kelas jika ada.
Kedua, kemampuan yang terkait dengan strategi manajemen pembelajaran,
yang meliputi: (1) memiliki kemampuan untuk menghadapi dan menangani
siswa yang tidak memiliki perhatian, suka menyela, mengalihkan
pembicaraan, dan mampu memberikan transisi substansi bahan ajar dalam
proses pembelajaran; (2) mampu bertanya atau memberikan tugas yang
memerlukan tingkatan berpikir yang berbeda untuk semua siswa.
Ketiga, memiliki kemampuan yang terkait dengan pemberian umpan balik
(feedback) dan penguatan (reinforcement), yang terdiri dari: (1) mampu
memberikan umpan balik yang positif terhadap respon siswa; (2) mampu
memberikan respon yang bersifat membantu terhadap siswa yang lamban
belajar; (3) mampu memberikan tindak lanjut terhadap jawaban siswa yang
kurang memuaskan; (4) Mampu memberikan bantuan profesional kepada siswa
jika diperlukan.
Keempat, memiliki kemampuan yang terkait dengan peningkatan diri,
terdiri dari: (1) mampu menerapkan kurikulum dan metode mengajar secara
inovatif; (2) mampu mem-perluas dan menambah pengetahuan mengenai
metode-metode pengajaran; (3) mampu memanfaatkan perencanaan guru secara
kelompok untuk menciptakan dan mengembang-kan metode pengajaran yang
relevan. (dikutip dari wesite ybs )
D. Ciri-ciri guru yang baik dan efektif
John Goodlad, seorang tokoh pendidikan Amerika Serikat, pernah melakukan
penelitian yang hasilnya menunjukkan bahwa peran guru amat signifikan
bagi setiap keberhasilan proses pembelajaran.
Penelitian itu kemudian dipublikasikan dengan titel: Behind the
Classroom Doors, yang di dalamnya dijelaskan bahwa ketika para guru
telah memasuki ruang kelas dan menutup pintu-pintu kelas itu, maka
kualitas pembelajaran akan lebih banyak ditentukan oleh guru. Hal ini
sangat masuk akal, karena ketika proses pembelajaran berlangsung, guru
dapat melakukan apa saja di kelas. Ia dapat tampil sebagai sosok yang
menarik sehingga mampu menebarkan virus NAch (needs for achievement)
atau motivasi berprestasi, jika kita meminjam terminologi dari teorinya
McCleland. Di dalam kelas itu seorang guru juga dapat tampil sebagai
sosok yang mampu membuat siswa berpikir divergent dengan memberikan
berbagai pertanyaan yang jawabnya tidak sekedar terkait dengan fakta,
ya-tidak. Seorang guru di kelas dapat merumuskan pertanyaan kepada siswa
yang memerlukan jawaban secara kreatif, imajinatif – hipotetik, dan
sintetik (thought provoking questions).
Sebaliknya, dengan otoritasnya di kelas yang begitu besar itu, bagi
seorang guru juga tidak menutup kemungkinan untuk tampil sebagai sosok
yang membosankan, instruktif, dan tidak mampu menjadi idola bagi siswa
di kelas. Bahkan dia juga bisa berkembang ke arah proses pembelajaran
yang secara tidak sadar mematikan kreativitas, menumpulkan daya nalar,
mengabaikan aspek afektif, dan dengan demikian dapat dimasukkan ke dalam
kategori banking concept of education-nya Paulo Friere, atau learning
to have-nya Eric From. Pendek kata, untuk melindungi kepentingan siswa,
dan juga untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM) di daerah dalam
jangka panjang di masa depan, guru memang harus profesional dan efektif
di kelasnya masing-masing ketika ia harus melakukan proses
belajar-mengajar.
Menurut Gary A. Davis dan Margaret A. Thomas, paling tidak ada empat
kelompok besar ciri-ciri guru yang efektif. Keempat kelompok itu terdiri
dari:
Pertama, memiliki kemampuan yang terkait dengan iklim belajar di kelas,
yang kemudian dapat dirinci lagi menjadi (1) memiliki keterampilan
interperso-nal, khususnya kemampuan untuk menunjukkan empati,
penghargaan kepada siswa, dan ketulusan; (2) memiliki hubungan baik
dengan siswa; (3) mampu menerima, mengakui, dan memperhatikan siswa
secara tulus; (4) menunjukkan minat dan antusias yang tinggi dalam
mengajar; (5) mampu menciptakan atmosfir untuk tumbuhnya kerja sama dan
kohesivitas dalam dan antar kelompok siswa; (6) mampu melibatkan siswa
dalam meng-organisasikan dan merencanakan kegiatan pembelajaran; (7)
mampu mendengarkan siswa dan menghargai hak siswa untuk berbicara dalam
setiap diskusi; (8) mampu meminimal-kan friksi-friksi di kelas jika ada.
Kedua, kemampuan yang terkait dengan strategi manajemen pembelajaran,
yang meliputi: (1) memiliki kemampuan untuk menghadapi dan menangani
siswa yang tidak memiliki perhatian, suka menyela, mengalihkan
pembicaraan, dan mampu memberikan transisi substansi bahan ajar dalam
proses pembelajaran; (2) mampu bertanya atau memberikan tugas yang
memerlukan tingkatan berpikir yang berbeda untuk semua siswa.
Ketiga, memiliki kemampuan yang terkait dengan pemberian umpan balik
(feedback) dan penguatan (reinforcement), yang terdiri dari: (1) mampu
memberikan umpan balik yang positif terhadap respon siswa; (2) mampu
memberikan respon yang bersifat membantu terhadap siswa yang lamban
belajar; (3) mampu memberikan tindak lanjut terhadap jawaban siswa yang
kurang memuaskan; (4) Mampu memberikan bantuan profesional kepada siswa
jika diperlukan.
Keempat, memiliki kemampuan yang terkait dengan peningkatan diri,
terdiri dari: (1) mampu menerapkan kurikulum dan metode mengajar secara
inovatif; (2) mampu mem-perluas dan menambah pengetahuan mengenai
metode-metode pengajaran; (3) mampu memanfaatkan perencanaan guru secara
kelompok untuk menciptakan dan mengembang-kan metode pengajaran yang
relevan.
Menurut Brooks & Brooks (Iim Waliman, dkk. 2001) terdapat beberapa
ciri yang menggambarkan seorangguru yang konstruktivis dalam
melaksanakan proses pembelajaran siswa, yaitu:
1. Guru mendorong, menerima inisiatif dan kemandirian siswa.
2. Guru menggunakan data mentah sebagai sumber utama padaokus materi pembelajaran.
3. Guru memberikan tugas-tugas kepada siswa yang terarah pada pelatihan
kemampuan mengklasifikasi, menganalisis, memprediksi, dan menciptakan.
4. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menguraikan isi pelajaran dan mengubah strategi belajar mengajar.
5. Guru melakukan penelusuran pemahaman siswa terhadap suatu konsep sebelum memulai pembelajaran.
6. Guru mendorong terjadinya dialog dengan dan antar siswa.
7. Guru mendorong siswa untuk berfikir, melalui pertanyaan-pertanyaan terbuka dan mendorong siswa untuk bertanya sesama teman.
8. Guru melakukan elaborasi respon siswa siswa, baik yang sudah benar maupun yang belum benar.
9. Guru melibatkan siswa pada pengalaman yang menimbulkan kontradiksi dengan hipotesis siswa dan mendiskusikannya.
10. Guru memberikan waktu berfikir yang cukup bagi siswa dalam menjawab pertanyaan
11. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencoba menghubungkan
beberapa hal yang dipelajari untuk meningkatkan pemahaman.
E. Pola Progresif dalam Belajar Mengajar
Secara umum, proses pendidikan menuju pada tiga hal pokok yang harus
mampu dicapai peserta didik, yaitu Afektif, Kognitif dan Psikomotorik.
Afektif berkaitan dengan sikap, moral, etika, akhlak, dan manajemen
emosi. Kognitif berkaitan dengan aspek pemikiran, transfer ilmu, logika,
dan analisis. Sedangkan Psikomotorik berkaitan dengan praktik atau
aplikasi apa yang sudah diperolehnya melalui jalur kognitif.
Namun disadari atau tidak, proses pendidikan di sekolah sekarang
porsinya lebih pada aspek kognitif atau transfer of knowledge saja.
Salah satu hal yang kadang dihadapi guru dalam pembelajaran adalah
kurangnya minat dan motivasi peserta didik untuk belajar di kelas.
Kadangkala peserta didik mempraktikkan “ 5 D “ yaitu Datang, Duduk,
Dengar, Diam, dan bahkan mungkin Dengkur.
Peserta didik kadangkala merasa “terpaksa” datang dan menghabiskan
waktunya di kelas. Apalagi apabila guru masih terbiasa untuk menjadikan
peserta didiknya pendengar yang baik karena guru masih yakin bahwa
satu-satunya cara untuk mengajar dengan cepat adalah dengan menggunakan
metode ceramah. Pada kegiatan pembelajaran Biologi mencakup dimensi
ganda, yaitu proses dan produk.
Dengan demikian, peserta didik dituntut untuk melakukan kegiatan dan
melakukan intervensi logis sampai ditemukan konsep/aturan/prinsip IPA.
Artinya, konsep IPA yang diketahui peserta didik tidak sekadar ingatan
semata, akan tetapi konsepsi yang disertai alasan logis. Kesemua ini
dilakukan dengan menggunakan perangkat yang lazim disekitar peserta
didik, pengalaman dan alam sekitar melalui kegiatan/proses ilmiah.
Pada dasarnya hakikat belajar mengajar dengan pola yang lebih progresif
berbeda dengan hakikat belajar-mengajar dengan pola tradisional. Pada
pola tradisional kegiatan mengajar lebih sering diarahkan pada aliran
informasi dari guru ke peserta didik. Pandangan ini mendorong guru untuk
berperan sebagai tukang ajar, dimana diibaratkan guru sebagai orang
yang mengisi air pada botol yang kosong.
Pada pola progresif makna belajar diartikan sebagai pembangunan
gagasan/pengetahuan oleh peserta didik sendiri selain peningkatan
keterampilan dan pengembangan sikap positif. Guru belum dikatakan
mengajar kalau peserta didik belum belajar. Artinya, guru baru mengajar
kalau konsep materi yang disajikan dapat menjadi bagian dari ‘struktur
kognitif’ peserta didik.
Untuk mencapai tujuan ini, guru tidak cukup hanya berceramah dari menit
pertama sampai menit terakhir kegiatan belajar mengajar. Akan tetapi
peserta didik perlu dilibatkan secara aktif dalam kegiatan praktis dalam
bentuk pengujian, percobaan atau penelitian sederhana.
Sikap mental atau reaksi peserta didik bila dilibatkan secara aktif
dalam kegiatan praktis kadangkala tidak menyenangi model pembelajaran
peserta didik yang aktif, kadang ada sikap seperti “menolak” yang
diungkapkan lewat sikap acuh tak acuh bila diajak memecahkan masalah,
peserta didik ingin agar diterangkan dengan runtut, kemudian peserta
didik mencatat dan kadang peserta didik menganggap bahwa hanya dengan
membaca saja mereka sudah dapat memahami pelajaran biologi semua
berakibat guru mengalami kesulitan mengembangkan pengelolan kelas.
Di dalam kelas, guru semakin dituntut untuk mampu menciptakan suasana
kelas yang kondusif sesuai semangat KTSP. Suasana kelas harus
demokratis, tidak tegang, tetapi harus tetap tertib agar semua siswa
bisa optimal dalam menyimak, berbicara, dan mengekspresikan dirinya.
Untuk menciptakan kondisi kelas yang kondusif dalam pembelajaran
(masalah kognitif) seorang guru mesti mengerahkan semua potensi dirinya,
dari segi intelektualitas harus semakin mampu menguasai materi
pembelajaran, seorang guru juga mesti diharuskan meningkatkan masalah
afektif peserta didik yang kadang lebih banyak menghabiskan waktu dan
energi bahkan memerlukan kesabaran yang ekstra menghadapi peserta didik
dengan berbagai latar belakang problematika hidupnya.
Pendidikan menjalin aspek kognitif dengan aspek afektif sedangkan
kegiatan mengajar menjalin aspek kognitif dan psikomotor. Dalam praktek
evaluasinya kegiatan pengajaran sering terbatas targetnya pada aspek
kognitif.Maka pendidikan bukan hanya transfer of knowledge tetapi juga
transfer of value. Sehingga perilaku guru sebagai pendidik yang perlu
dikembangkan adalah sebagai mitra peserta didik, disiplin permisif,
berdialog dengan pikiran kritis,melakukan dialektika budaya lama dengan
nilai-nilai budaya modern, memberikan kesempatan kreatif, berproduksi,
dan berperilaku sehari-hari yang positif terhadap peserta didik.
Setiap pendidikan bertujuan menunaikan nilai yang terbaik bagi peserta
didik dan pendidik. Bahkan pengajaran yang baik sebagai bagian dari
pendidikan selain memerlukan proses dan alasan rasional intelektual juga
terjalin alasan yang bersifat moral.
F. Psikologi problematika belajar
PENGERTIAN PROBLEMA BELAJAR (Pembelajaran)
Belajar adalah mencari ilmu atau menuntut ilmu.
Menurut Walker dalam bukunya Conditioning an Instrumental Learning
(1967): belajar : “Perubahan perbuatan sebagai akibat dari pengalaman”
Menurut C.T. Morgan, dalam Introduction to Psychology (1961: belajar
adalah suatu perubahan yang relative menetap dalam tingkah laku sebagai
akibat atau hasil dari pengalaman yang lalu”.
G. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BELAJAR
Dibedakan menjadi tiga macam, yakni :
1. Faktor Internal Siswa
Meliputi dua aspek, yakni :
1) Aspek Fisiologis (yang bersifat jasmaniah)
Kondisi umum jasmani dan tonus (tegangan otot) yang menandai tingkat
kebugaran organ-organ tubuh dan sendi-sendinya, dapat mempengaruhi
semangat dan intensitas siswa dalam mengikuti pelajaran.
2) Aspek psikologis (yang bersifat rohaniah)
Meliputi:
a) Tingkat kecerdasan/intelegensi siswa
Menurut (Reber, 1988) bahwa intelegensi diartikan sebagai kemampuan
psiko-fisik untuk mereaksi rangsangan atau menyesuaikan diri dengan
lingkungan dengan cara yang tepat.
b) Sikap siswa
Sikap adalah gejala internal yang berdimensi afektif berupa
kecenderungan untuk mereaksi atau merespons (response tendency) dengan
cara yang relative tetap terhadap objek orang, barang, dan sebagainya,
baik secara positif maupun negatif.
c) Bakat siswa
Menurut (Chaplin, 1972; Reber, 1988) bahwa bakat (aptitude) adalah
kemampuan potensial yang dimiliki seseorang untuk mencapai keberhasilan
pada masa yang akan datang.
d) Minat siswa
Minat (interest) berarti kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau
keinginan yang besar terhadap sesuatu. Menurut Reber (1988), minat tidak
termasuk istilah popular dalam psikologi karena ketergantungannya yang
banyak pada faktor-faktor internal lainnya, seperti pemusatan perhatian,
keingintahuan, motivasi, dan kebutuhan.
e) Motivasi siswa.
f) Merupakan keadaan internal organisme baik manusia ataupun hewan yang mendorongnya untuk berbuat sesuatu (pemasok daya).
Motivasi dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu :
(1) Motivasi intrinsik: Hal dan keadaan yang berasal dari dalam diri siswa sendiri yang mendorongnya untuk belajar.
(2) Motivasi ekstrinsik: Hal dan keadaan yang datang dari luar individu siswa yang juga mendorongnya untuk belajar.
2. Faktor Eksternal Siswa
Terdiri atas dua macam yaitu:
a. Lingkungan Sosial
Para guru, para staf administrasi, dan teman-teman sekelas yang dapat mempengaruhi semangat belajar seorang siswa.
b. Lingkungan Nonsosial
Gedung sekolah dan letaknya, rumah tempat tinggal keluarga siswa dan
letaknya, alat-alat belajar, keadaan cuaca, dan waktu belajar yang
digunakan siswa.
3. Faktor Pendekatan Belajar
Merupakan cara atau strategi yang digunakan siswa dalam menunjang
keefektifan dan efisiensi proses mempelajari materi tertentu. Strategi
dalam hal ini berarti seperangkat langkah operasional yang direkayasa
sedemikian rupa untuk memecahkan masalah atau mencapai tujuan belajar
tertentu.
H. KESULITAN BELAJAR
1. Faktor Penyebab Kesulitan Belajar
a. Faktor Intern Siswa
Meliputi gangguan atau kekurang mampuan psiko-fisik siswa, yakni :
rendahnya kapasitas intelektual/inteligensi siswa ;1) yang bersifat kognitif (ranah cipta)
labilnya emosi dan sikap ; 2) yang bersifat afektif (ranah rasa)
3)terganggunya alat-alat indera penglihat dan pendengar (mata dan telinga). yang bersifat psikomotor (ranah karsa)
b. Faktor Ekstern Siswa
Meliputi semua situasi dan kondisi lingkungan sekitar yang tidak mendukung aktivitas belajar siswa.
Faktor lingkungan ini terdiri dari:
1) Lingkungan keluarga
2) Lingkungan masyarakat
3) Lingkungan sekolah.
2. Diagnosis Kesulitan Belajar
1) Melakukan observasi kelas
2) Memeriksa penglihatan dan pendengaran siswa khususnya yang diduga mengalami kesulitan belajar
3) Mewawancarai orang tua atau wali siswa
4) Memberikan tes diagnostik bidang kecakapan tertentu
5) Memberikan tes kemampuan intelegensi (IQ).
3. Kiat Mengatasi Kesulitan Belajar
a. Menganalisa hasil diagnosis
b. Mengidentifikasi dan menentukan bidang kecakapan tertentu yang memerlukan perbaikan ;
c. Menyusun program perbaikan, khususnya program remedial teaching (pengajaran perbaikan).
I. JENIS-JENIS BELAJAR
Berdasarkan tujuan dan hasil, jenis-jenis belajar terdiri dari:
1. Belajar Abstrak (Abstract Learning)
Tujuan: memperoleh pemahaman serta pemecahan yang tidak nyata.
Peranan akal atau rasio, penguasaan atas prinsip-prinsip dan konsep-konsep sangatlah penting.
2. Belajar Keterampilan (Skill Learning)
Tujuan: memperoleh keterampilan tertentu dengan menggunakan gerakan-gerakan motorik.
Proses pelatihan yang intensif dan teratur sangat diperlukan.
3. Belajar Sosial (Social Learning)
Tujuan memperoleh keterampilan dan pemahaman terhadap masalah-masalah
sosial, penyesuaian terhadap nilai-nilai sosial dan sebagainya.
4. Belajar Pemecahan Masalah (Problem Solving)
Tujuan: memperoleh keamampuan atau kecakapan kognitif guna memecahkan masalah secara tuntas.
Kemampuan individu dalam menguasai berbagai konsep, prisip, serta generalisasi, amat diperlukan.
5. Belajar Rasional (Rational Learning)
Tujuan: memperoleh beragam kecakapan menggunakan prinsip-prinsip dan konsep-konsep.
Individu diharapkan memiliki kemampuan memecahkan masalah dengan
menggunakan pertimbangan dan strategi akal sehat, logis, dan sistematis.
6. Belajar Kebiasaan (Habitual Learning)
Tujuan: agar individu memperoleh sikap dan kebiasaan yang lebih tepat
dan lebih positif, dan selaras dengan kebutuhan ruang dan waktu.
7. Belajar Apresiasi (Apreciation Learning)
Tujuan: agar individu memperoleh dan mengembangkan kecakapan ranah rasa (effective skills).
8. Belajar Pengetahuan (Study)
Tujuan: memperoleh atau menambah informasi dan pemahaman terhadap pengetahuan tertentu.
Berdasarkan cara atau proses yang ditempuh dalam belajar, jenis-jenis belajar sebagai berikut:
1. Belajar Berdasarkan Pengamatan (Sensory Type of Learning)
2. Belajar berdasarkan Gerak (Motor Type of Learning)
3. Belajar Berdasarkan Menghafal (Memory Type of Learning)
4. Belajar Berdasarkan Pemecahan Masalah (Problem Solving Type of Learning)
5. Belajar Berdasarkan Emosi (Emotional Type of Learning)
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
1. Dalam proses belajar mengajar kepribadian guru sebagai faktor yang sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap para siswa
2. Guru yang baik adalah guru yang waspada secara profesional,
memperbaiki dan meningkatkan mutu pekerjaannya lebih matang, memiliki
nilai seni dan berkeinginan untuk tumbuh
3. Belajar adalah perubahan tingkah laku yang meliputi pengetahuan, kecakapan, pengertian, sikap, keterampilan dan sebagainya
4. Banyak perilaku siswa yang perlu dipahami dan dilayani secara bijaksana oleh guru
5. Bimbingan merupakan suatu proses memberi bantuan kepada individu agar
individu dapat mengenal dirinya dan dapat memecahkan masalah-masalah
hidupnya sendiri sehingga ia dapat menikmati hidup dengan bahagia
B. Saran
1. Kepada guru agar dapat membina siswa dengan penuh semangat dan
tangungjawab yang tinggi dengan menuggunakan teknik-teknik pembinaan
yang bersifat agar para siswa tidak bosan dalampembelajaran
2. Kepada siswa agar dapat meningkatkan kemampuannya melalui proses pembelajaran
3. Kepada siswa agar dapat mempertahankan tinkat kecerdasan emosionalnya
DAFTAR PUSTAKA
Hamalik, oemar 1990. Psikologi belajar dan mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo
Harsono. 1988. Choaching dan aspek-aspek psikologis dalam choaching jakarta. C.V. Tambak Kusuma
Nur, Masjumi. 2008. Dasar-dasar pendidikan jasmani, Makassar FIK UNM
Surya brata, Sumadi 2002. Psikologi kepribadian, Jakarta.PT Raja Grafindo Persada
Suryabrata, Sumadi. 1990.Psikologi Perkembangan Yogjakarta, Rake Sarasin
http://gurutapteng.wordpress.com/2007/02/27/guru-yang-profesional-dan-
fektif/
http://www.cahayaislam.com/index.php?pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=327
http://bk-stkip-pontianak.webs.com/apps/blog/show/678257-ciri-ciri-guru-konstruktivis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar